Visi dan Misi

Minggu, 23 Desember 2012

VISI

Berdasarkan potensi, kondisi, permasalahan, tantangan dan peluang yang ada, maka visi Bappeda Provinsi Bali yang ingin dicapai dalam periode 5(lima) tahun ke depan adalah ”Terwujudnya Rencana Pembangunan Bali Mandara Yang Berkelanjutan”.

Makna dari rencana pembangunan daerah yang berkualitas adalah rencana yang mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam perspektif 5 (lima) tahun kedepan untuk mewujudkan Bali Mandara.

Yang dimaksud dengan BALI MANDARA adalah Bali yang Maju, Aman, Damai dan Sejahtera, yaitu :

1. Bali Maju adalah Bali yang dinamis, Bali yang terus bergerak menurut dinamika pergerakan dan perkembangan dunia. Bali yang senantiasa bergerak dan maju dengan tetap menjunjung kesucian dan keikhlasan demi tegaknya Dharma. Bali yang maju adalah Bali yang harus tetap “metaksu“ yang senantiasa meningkatkan kualitas dirinya sebagai daerah tujuan wisata yang handal, berkharisma dan religius. Bali yang maju adalah Bali yang modern menurut ukuran dan tuntutan nilai-nilai universal yang tidak menyimpang dan atau bertentangan dengan nilai-nilai agama Hindu (Bali) serta adat istiadat Bali. Kemodern-an dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan peradaban sebagai masyarakat yang berada di perkampungan dunia yang terbuka.

2. Bali Aman adalah Bali yang “dabdab” teratur sekala niskala. Bali yang memiliki keseimbangan antara korelasi kebutuhan hubungan antar manusia dengan manusia lainnya, hubungan manusia dengan alam lingkungannya, serta hubungan manusia dengan Tuhannya, sejalan dengan konsep Tri Hita Karana. Bali yang aman adalah Bali yang terhindar dari ancaman intervensi virus-virus ideologi yang bertentangan dengan Tri Hita Karana seperti: terorisme, anarkhisme dan virus non traditional threat  lainnya yang mewarnai jaman Kali.

3. Bali Damai Adalah Bali yang diselimuti atmosfir kesejukan lahir bathin serta dalam kondisi ”tis” dan kondusif. Bali Damai adalah Bali yang menggambarkan adanya komunitas masyarakat Bali, baik di perkotaan maupun dipelosok pedesaan yang kental dengan suasana ”briyag-briyug, pakedek pakenyem”. Hal tersebut sebagai indikator optimisme masyarakat dalam menatap masa depan yang menjanjikan.

4. Bali Sejahtera adalah Bali yang Sukerta Sekala Niskala, sebagai akumulasi diperolehnya kemajuan, keamanan, dan kedamaian. 

MISI
Untuk mewujudkan Visi sebagaimana tersebut diatas maka ditetapkan Misi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bali sebagai berikut :

1. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Perencana

2. Menyusun kebijakan rencana pembangunan daerah yang transparan, akuntabel, efisien, dan efektif.

3. Menyusun perencanaan pembangunan daerah berdasarkan pendekatan politis, teknokratik,partisipatif, bottom up dan top down.

4. Meningkatkan pengendalian dan evaluasi kinerja pembangunan.