Upacara Piodalan dan Rsi Gana di Pura Swagina Bappeda Prov. Bali

Senin, 28 September 2015

Hari ini, Senin  tanggal 28 September 2015 (Purnamaning Kapat) adalah hari dilaksanakannya Upacara Piodalan dan Rsi Gana di Pura Swagina Bappeda Prov. Bali, dimana upacara piodalan ini dipimpin oleh Ida Pedanda Istri Ketut Keniten (Grya Tegeh Kesiman), Upacara Rsi Gana ini merupakan upacara usaha manusia untuk membuat keseimbangan/keharmonisan antara manusia dengan Tuhan, sesama manusia dan alam semesta. Keseimbangan/keharmonisan yang dimaksud adalah terwujudnya Tri Hita Karana yakni keseimbangan dan keharmonisan hubungan manusia dengan Tuhan (Parhayangan), sesama manusia (Pawongan) dan dengan alam semesta (Palemahan). 

Berbagai persiapan pun dilakukan untuk menyambut Upacara Rsi Gana ini. Seluruh pegawai Bappeda Provinsi Bali jauh jauh hari sudah menyiapkan perlengkapan-perlengkapan yang diperlukan seperti membuat tempat banten, tetaring, dan menghias Pelinggih, membuat penjor maupun mejejahitan merangkai janur-janur untuk sarana upacara. Sampai akhirnya tiba waktunya di hari pelaksanaan upacara. Pada upacara ini juga dipersembahkannya tari Rejang dan tari Topeng Siddha Karya dari pegawai Bappeda Prov. Bali.

     

Upacara ini dihadiri seluruh jajaran pegawai Bappeda Prov. Bali serta undangan lainnya. Diharapkan dengan terlaksananya upacara piodalan ini dapat menghilangkan hal-hal negatif baik sekala maupun niskala, dapat menciptakan rasa aman, damai dan tentram di lingkungan Bappeda dan rasa persatuan dan kebersamaan seluruh pegawai Bappeda semakin meningkat.